Kisah dan Asal Usul / Dewa Fa Zhu Gong (Gelar Zhang Gong Fa Zhu Gong Sheng Jun 张公法主圣君 / Huat Chu Kong - Hokkian (bagian 1 dari 7 Tulisan)



Fa Zhu Gong adalah dewa yang terkenal di daerah Minnan 闽南( Fujian 福建)dan Taiwan 台湾 yg awalnya adalah dewa lokal di daerah An Xi 安溪. Di Taiwan sendiri ada sekitar 20an kelenteng yang dewa utamanya adalah Fa Zhu Gong. Fa Zhu Gong disebut juga Zhang shengjun 张 圣君, Zhang Gong Fazhu 张公法主 dan lain2.[1]. Fa Zhugong jg adalah dewa Taoisme dimana para Taois terutama aliran ZhengYi 正一 yang turut menghormatinya. Para Taoist percaya kalau Fa Zhu Gong memiliki kesaktian luar biasa, di Taiwan orang yang mengalami kesulitan maupun penyakit yang sulit disembuhkan sering memohon pertolongan dari Fa Zhu Gong, selain itu jg sering memohon agar nasibnya menjadi lebih baik, memohon berkah dan perlindungan dari Dia.


Zhang Gong Fa Zhu Gong Sheng Jun lahir pada 23 bulan 7 lunar kalender pada tahun1139M, bernama Zhang Ci Guan (张慈观) alias Zi Guan (子观), alias Zhang Sha (张沙)di desa Yong Tai (永泰)Fujian,ayahnya bernama Zhang De Ren (张德仁)dan ibunya bernama Guo Ming Shi niang (郭氏十娘)pada saat kelahirannya,langit memancarkan sinar lima warna yang sangat cemerlang,dan udara dipenuhi dengan semerbak harum bunga

Suatu hari, ayahnya(DE REN)berjalan dipergunungan yang terpencil dan berhadapan dengan siluman,pada saat yang kritis ada roh anak kecil yang muncul dan mengusir siluman tersebut pergi sekaligus menyelamatkan DE REN.DE REN sangat berterima kasih tapi tidak menyadari bahwa roh anak itu bukan lain adalah roh anaknya (Ci Guan) pada usia 5tahun,

Pada saat itu,ayahnya (De Ren)mengalami sakit, bahkan harus terus terbaring.Ci Guan tinggal di sisi ayahnya sepanjang hari, mempersiapkan dan menggodok ramuan obat-obatan terus menerus, menjaga dan memperhatikan ayahnya,baktinya menyentuh hati ayahnya. Sayangnya,ayahnya meninggal. Ci Guan berkabung selama tiga tahun.

Setelah ayahnya meninggal,dan karena keluarga dia sangat miskin, maka CI GUAN terpaksa bekerja ladang milik bibi nya, menanam sayuran untuk makanan sehari-hari. Dia bekerja keras di ladang selama beberapa tahun.Ini memang sangat sulit bagi seorang anak berusia yang baru 5 tahun!

CI GUAN tinggal dengan bibinya serta keponakannya, bibinya bekerja di sawah dengan keponakanya,Meskipun mereka sangat miskin dan kesulitan dalam hidup,tapi mereka hidup bersama dengan bahagia.

Karena kemiskinan mereka,ibunya kawin lagi,dan mengirimkan CI GUAN kefamilynya yang jauh untuk di asuh, pada usia 9 tahun, CI GUAN diterima sebagai murid oleh seorang guru tao yang bernama Zhou Zou ,dan belajar seni bela diri di malam hari dan bekerja di waktu siang hari.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.