Adat Ahli dan Tukang dari Semua Keahlian

Ahli dan tukang dari semua jenis keterampilan memiliki kebiasaan dan tabu unik dari keahlian mereka. Misalnya, tukang batu memuja Dewa Batu. Pada hari kelahiran Dewa Batu, mereka tidak boleh melakukan apa pun pada batu, atau bencana akan menimpah mereka. Pada hari kedua bulan kedua, yang merupakan hari 'naiknya kepala naga', tukang batu akan menghindari kegiatan yang berkaitan dengan batu. Kalau tidak, raja naga akan menyebabkan bencana bagi siapapun yang berhubungan dengan batu.

Ahli pembakaran batu bata akan memilih tempat dengan tanah emas untuk membangun tungu pembakarannya. Pada tanggal bagus untuk memasuki tungku, yang dikenal sebagai "hari datangnya kekayaan", wanita tidak diperbolehkan memasuki tempat itu. Pekerja tungku punya kebiasaan 'larangan tungku', disebut 'larangan tungku musim semi', dan pekerja akan berhenti berkerja dari bulan 12 sampai bulan ketiga tahun kedua. Selain larangan, pekerja pembakaran tembikar did aerah you tidak diperbolehkan bicara atau bercanda selama pengapian, karena mereka percaya itu akan mengundang roh dan menyinggung dewa tungku. 

Keahlian pembuatan kertas juga punya adat untuk memohon berkat . Di Yazhou provinsi Zhejiang, sebelum memulai operasi di penggilingan kertas, pengawasakan mmpersembahkan 'arak dimulainya pekerjaan' pada dewa gunung dan pada akhir operasi, 'arak selesainya pekerjaan'. Tanggal untuk membuka bak kertas, biasa disebut Qicao Xiangshui, harus bersamaan dengan angka empat untuk menandakan beruntungdalam empat musim. Pengawas akan menawarkan 'arak selesainya kertas'. Sesudahnya, pengawas akan memberikan gaji pada pekerja. Selama masa istirahat, pengawas menawarkan ;arak untuk mengucap syukur;. 

Ahli dan tukang dari semua keterampilan menganggap semua pembatasan dan kebiasaan ini peraturan yang harus ditaati. Dengan menyatukan produktivitas dan formalitas, kebiasaan ini membentuk identitas unik keahlian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.