KISAH 100 BUDDHA & BODHISATTVA (TUJUH BUDDHA MASA LAMPAU) – VESSABHU / VISHVABHU BUDDHA / PISHEFU FO / 毘舍浮佛 (BUDDHA KE-3)



Vishvabhu bermakna "Memiliki Segalanya". Merupakan Buddha masa lampau yang ketiga. Menurut catatan, kemunculanNya adalah dari 31 kalpa yang lalu.


Diceritakan bahwa ada 2 orang pemuda, 2 sahabat karib yang berkunjung kepada Vishvabhu Buddha dan memohon padaNya untuk mengajarkan Dharma. Melihat kesungguhan mereka, Vishvabhu Buddha menerima mereka sebagai murid dan menamakan mereka berdua Jinjinpian dan Delechi dan mulai mengajarkan Dharma kepada mereka berdua. Namun, beberapa tahun kemudian, perbedaan diantara mereka mulai terlihat. Sangat cerdas dan bijaksana, Jinjinpian berpikiran sangat terbukan dan mempunyai tekad baja dan mampu untuk menyerap kedalaman dari ajaran Sang Buddha. Sementara Delechi, menjadi sangat malas dan menolak semua ajaran. Ia dapat menjadi sangat malas hingga bisa tidur terlelap di mana saja.

Singkat cerita, Jinjinpian mampu mencapai tujuannya dan menjadi seorang Arahat. Jinjinpian ingin membantu sahabatnya, Delechi, dengan cara merubah wujudnya sendiri dengan kekuatan gaibnya menjadi seekor ratu lebah dan dengan tanpa henti menyengat Delechi di bagian perutnya. Delechi menangis dan terbangun dari tidur lelapnya. Namun, karena tidak mampu menangkap ratu lebah tersebut, ia pun kemudian kembali melanjutkan tidurnya. Setelah bersusah payah mencoba untuk memejamkan matanya, ia mendengarkan suara berdengung di telinganya. dia pun kemudia menyadari bahwa ratu lebah itu tidak punya niatan untuk tidak mengganggunya dan ia pun menjadi ketakutan. Melihat Delechi sudah menjadi sosok yang penuh perhatian / fokus, sang lebah pun terbang dan hinggap di sebatang bunga teratai dan beristirahat. Setelah beberapa saat, timbul angin kencang yang menyapu sang lebah hingga terjatuh ke dalam kubangan lumpur. Itu membuat sayap sang lebah menjadi kotor sehingga sang lebah dengan susah payah hinggap ke sebuah genangan air bersih, membasuh lumpurnya dan kembali ke batang bunga teratai itu untuk mengeringkan sayapnya.

Delechi menjadi geli dengan nasib sial yang menimpa lebah tersebut. Secara tiba-tiba saat itu juga, kebenaran menghantamnya dan ia pun berpikir sangat keras dan merenungkan hal berikut: "Intisari dari Dharma Buddha dapat membuat seseorang untuk membersihkan dan menenangkan diri. Namun, apabila terjatuh ke dalam lumpur karena terlalu lelap dalam tidur, bagaimana saya dapat menikmati intisari dari Dharma?"

Mendengar gunaman dari Delechi, sang ratu lebah pun berteriak dengan lantang: "Cepat! Lekaslah berlatih Dharma dan carilah penerangan sempurna!"

Delechi pun langsung menyadari bahwa sahabat karib nya Jinjinpian telah merubah dirinya sendiri menjadi seekor ratu lebah guna membantu dirinya dengan memberikan solusi untuk mempelajari Dharma dan dapat dengan segera menjadi Arahat dengan upayanya sendiri. Dan Vishvabhu Buddha pun menjadi sangat girang setelah mengamati perkembangan dari 2 muridNya ini.

Vishvabhu Buddha telah melakukan Pasamuan Dharmadesana sebanyak 2 kali, yang pertama adalah 70,000 siswa dan yang kedua adalah 60,000 siswa. Siswa utamaNya yang sangat menonjol adalah Fuyou / 扶游 dan Yudoumu / 郁多摩.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.