TATACARA RITUAL PERSEMBAHAN, MENGUNDANG DAN MEMOHON REJEKI DEWA BUMI



ĀN TŬ DÌ SHÉN ZHÒU 安土地神咒 (Diambil dari 8 Mantra Utama Daoisme / Ba Da Shen Cou)

Mantra untuk Dewa Bumi
(Untuk meminta perlindungan dan permohonan atau memulai suatu upacara agar dilindungi oleh Dewa Bumi)
YUÁN SHĬ ĀN ZHÈN, PŬ GÀO WÀN LÍNG
元始安鎮 普告萬靈 
YUÈ DÚ ZHĒN GUĀN, TŬ DÌ ZHĬ LÍNG
嶽瀆真官 土地衹靈
ZUŎ SHÈ YÒU JÌ, BÙ DÉ WÀNG JĪNG
左社右稷 不得妄驚 
HUÍ XIÀNG ZHÈNG DÀO, NÈI WÀI CHÉNG QĪNG
回向正道 內外澄清
GÈ ĀN FĀNG WÈI, BÈI SHŎU TÁN TÍNG
各安方位 備守壇庭
(untuk di tookwan: TĀN TÍNG 壇庭;
untuk di rumah: JIĀ TÍNG 家庭)
TÀI SHÀNG YŎU MÌNG, SŌU BŬ XIÉ JĪNG
太上有命 搜捕邪精
HÙ FĂ SHÉN WÁNG, BĂO WÈI SÒNG JĪNG
護法神王 保衛誦經 
GUĪ YĪ DÀ DÀO, YUÁN HĒNG LÌ ZHĒN
皈依大道 元亨利貞
JÍ JÍ RÚ LÜ LÌNG
急急如律令

Maksud dari ritual ini adalah untuk mempersembahkan persembahan-persembahan ditukar dengan bantuan dalam kehidupan sehari-harinya. Memohon Dewa Bumi Lokal karena merekalah yang terdekat dalam alam roh dengan kita dalam kehidupan kita sehari-harinya.

Waktu Ritual / Upacara
Melakukan tatacara ini setiap waktunya adalah teramat penting. para umat tao berjanji kepada Dewa Bumi untuk melaksanakannya sekali, dua kali, empat kali atau lebih dari sebulan. Tanggal yang baik adalah 1 dan 15 atau 2 dan 16 tanggalan bulan. Waktu yang tepat adalah antara tengah hari dan tengah malam. Yin meningkat dari tengah hari sampai tengah malam dan semenjak Dewa Bumi Lokal beraturan Yin, jam-jam inilah yang paling tepat untuk melaksanakan pelatihan.

Makanan Persembahan
Siapkanlah lima macam sajian untuk dipersembahkan. Sajikan apa saja yang biasanya Anda makan untuk makan malam. Daging atau ikan, beras dan roti, sayur, sup, buah-buahan, dan makanan penutup(cemilan) juga boleh. Tuangkan tiga gelas(cangkir) arak merah. Menghadap ke arah tungku dengan memunggungi pintu.

Tatacara Persembahan

Aturlah persembahan-persembahan dalam empat baris. Barisan yang terdekat dengan Anda mempunyai dua menu. Baris yang kedua mempunyai tiga menu. Barisan yang ketiga mempunyai tiga cangkir arak merah. Barisan ke-empat terdapat dupa yang diletakkan di sebuah cangkir gelas kecil atau tempat-tempat lainnya yang cocok, dan diisi dengan beras atau abu dupa.

Arah Melakukan Persembahan / Upacara
Memunggungi pintu depan, menghadap bagian dalam rumah. Dalam dapur, menghadap tungku dengan memunggungi pintu depan.

Urutan Prosedur Tatacara Upacara
1. Nyalakan lima batang hio. Penyalaan 5 batang hio dimaksudkan untuk membuka sebuah jalinan komunikasi bagi sadhaka untuk memanggil para Buddha dan Bodhisattva secara pribadi untuk dihormati dan ikut menyelenggarakan sadhana.
2. Baca Mantra Dewa Tanah. Temukan kedua tangan dan japa Mantra Pembersih dari permulaan upacara. Ucapkanlah tujuh kali Mantra Dewa Tanah:

ĀN TŬ DÌ SHÉN ZHÒU
安土地神咒 (lihat diatas)

Lalu diikuti mantra pengundang Dewa Bumi (3x atau 5x)
Mantra Mengundang Dewa Hok Tek Tjin Sin (mantra rahasia) versi Taoisme
Tiauw Tjia Kim Hong Hok Tek Sin
Seng Tian Tat The Djib Di Bin
Teng Siuw Hong Gi Ui Su Tjeng
Tjau Tjae Tjim Po Iju I Keng
Tju Tjae Ngo Kong Tjong Hut Deng
Khe Tun Ko Ti Giu Ijang Seng
Tian Beng Hu Kui Siu Kong Deng
Hoan Su Ki Kiu Kai Iju Eng
Tjan Tjae Ban Ho Eng Put Teng
Tee Tju It Sim Tjoan Pae Tjia
Hok Tek Kong Kong Kang Dim Lae
Sim Peng Hoek Kip Dji Lu Lut Deng
Sumber: Hap Tan Kheng Bun

3. Hentakkan kaki kiri ke tanah tiga kali

4. Visualisasikan Dewa Bumi / Dewa Tanah Lokal tampak kecukupan makanan, orang laki tua, dengan sebuah mangkuk emas atau perak di tangan kirinya dan sebuah tongkat di tangan sebelah kanan. Dia tampak sebagai seorang anggota keluarga yang disayang (seperti Santa Klass paman anda !). Dia datang kepersembahan Anda.

6. Kali-lipatkan persembahan sehingga memenuhi jagat raya. Persilahkan Dewa Tanah untuk menikmati arak dan makanan yang telah dipersiapkan.

7. Berdoa. Setelah Dewa sudah selesai (setelah dupa hampir mati), dengan suara rendah memohon Dewa Tanah untuk mendengarkan permintaan Anda untuk bantuannya. Bikin permintaan Anda jelas dan mendetail.

8. Visualisasikan Amitabha menyinari sinar merah ke arah Dewa Bumi Lokal, dan memberikan jasa baik dengan memanjatkan mantra Sukavati Vyuha Dharani.

NA MO A MI DUO PO YE, DUO TUO QIE DUO YE, DUO DI YE TUO, A MI LI DU PO PI, A MI LI DUO XI DAN PO PI, A MI LI DUO PI JIA LAN DI, A MI LI DIO PI JIA LAN DUO, QIE MI NI, QIE QIE NUO, ZHI DUO JIA LI, SUO PO HE.

Tutup ritual dengan mantra Penutup Kesalahan Upacara

BU QUE ZHEN YAN (Mantra Penutup Kesalahan)
NA MO HE LA DA NUO DUO LA YE YE
QIE LA QIE LA, JI CHU JI CHU,
MO LA MO LA HU LA HUNG HE HE,
SUO DA NUO HUNG, PO MO NUO, SUO PO HE (dibaca 3x, 7x)

YEN MAN CEN YEN (Mantra Penyumparnaan Ritual Upacara)

OM Fu Lu Fu Lu Se Ye Mu Chi Sa Ho (dibaca 3x)

9. Setelah seluruh dupa terbakar, kemudian Anda boleh membersihkan altar.

   

2 komentar

  1. Saya sedang mengarsip 八大神咒 Bādàshénzhòu dan menemukan article ini.

    Jika berkenan, saya membutuhkan terjemahannya dalam bahasa indonesia, supaya orang yang membaca mantera ini mengerti akan artinya.

    Bisa saya minta tolong mendapatkan terjemahannya dalam bahasa Indonesia?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.