KISAH DAN LEGENDA MAHA DEWA TAI SHANG LAO ZUN - DAO DE TIANZUN bagian 4 dari 4 Tulisan



Tai Shang Lao Jun 太上老君 yang merupakan bagian dari San Qing yaitu Yuan Shi Tian Zun, Dao De Tian Zun atau Tai Shang Lao Jun , dan Ling Bao Tian Zun. Disini kita tidak akan membahas masalah San Qing ini tapi lebih memfokuskan pada Tai Shang Lao Jun.Tai Shang Lao Jun secara historis adalah Lao Zi, diperkirakan lahir tahun 604 BC. Seorang filosof luar biasa dan meletakkan dasar fondasi bagi filsafat Dao atau yang sering disebut Dao Jia.

Catatan mengenai LaoZi ini ada dalam ShiJi atau Catatan Sejarah yang disusun oleh Sima Qian pada masa dinasti Han. Lao Zi bernama Li Er , penduduk negri Chu. Mengenai kelahiran Beliau tidak ada yang memberikan data yang tepat. Tapi sumbangsih Beliau dalam menjabarkan kata Tao sungguh luar biasa dan merupakan suatu terobosan yang baru dalam perkembangan filsafat Tiongkok.

Dalam perkembangannya kemudian hingga pada masa dinasti Han , kisah-kisah Lao Zi tidak hanya sekedar seperti kutipan diatas. Kisah-kisah yang berkaitan dengan diriNya bermunculan dan mulai mengandung mitos. Misalnya dalam Shen Xian Zhuan (catatan para dewa) 神 仙 传 yang dibuat oleh Ge Hong dan Beliau mengumpulkan kisah-kisah seputar LaoZi. Misalnya kisah kelahiranNya yang begitu luar biasa, 72 tahun dalam kandungan dan ketika lahir rambutnya sudah memutih semua , karena itu disebut LaoZi.

Pada masa dinasti Han timur , masa pemerintahan kaisar Han Ming Di dan Han Zhang Di ( berkisar 58-88) , Wang Fu 王 阜 membuat pilar peringatan mengenai Lao Zi. Lao Zi disebut telah ada sebelum alam semesta lahir bahkan disejajarkan dengan Dao. Pada masa pemerintahan Sun Di (126-144) , Zhang Dao Ling mendirikan aliran 5 gantang beras dan menyatakan bahwa Lao Zi adalah pendiri agama Dao dan disebut Tai Shang Lao Jun. Hal ini termaktub dalam kitab Tai Ping Jing (kitab Kedamaian Yang Agung).Tai Shang Lao Jun sebagai guru atau yang membimbing Dao. Kaum Taoist percaya bahwa Tai Shang Lao Jun adalah Guru yang membimbing dan mengajarkan Tao kepada para kaisar purba seperti Shen Nong ,Fu Xi , Huang Di , Di Ku , Yao dan Sun.

Misalnya pada masa pemerintahan kaisar Shen Nong , Beliau menjelma menjadi Jiu Ling Lao Zi 九 灵 老 子 . Pada masa Fu Xi , Beliau menjadi Yu Hua Zi 郁华 子. Pada masa Huang Di , Beliau menjadi Guang Cheng Zi 广 成 子, pada pemerintahan Yu menjadi Zhen Xing Zi 真 行 子, pada masa Wen Wang dari dinasti Zhou , Beliau menjelma menjadi Wen Yi Xian Sheng 文 邑 先 生. Dapat dilihat bahwa Beliau menjadi guru yang membimbing para kaisar jaman purba hingga masa Xia ,Shang hingga awal dinasti Zhou.Dalam banyak hal Tai Shang Lao Jun dianggap sebagai Tokoh yang merupakan bagian dari San Qing. Kemudian ada kitab yang disebut Tai Shang Lao Jun Qing Jing Jing (kitab Kemurnian dan Keheningan Tai Shang Lao Jun) yang dianggap merupakan intisari dari pemahaman Dao bahkan jika dalam Buddhism bisa dianggap setara dengan kitab Sutra Hati.

Penghormatan kepada Tai Shang Lao Jun dilakukan secara besar-besaran pada tanggal 15 bulan 2 penanggalan Imlek. Tai Shang Lao Jun banyak ditaruh di San Qing Dian 三 清 殿(aula 3 Kemurnian) dan posisiNya diletakkan disebelah kanan Yuan Shi Tian Zun 元 始 天 尊. Jika dalam posisi sendiri aula itu sering disebut Tai Qing Dian 太 清 殿. Misalnya di Chang Chun Guan di kota Wu Han ada Tai Qing Dian dimana Tai Shang Lao Jun diapit oleh 2 orang muridNya , yaitu Nan Hua Zhen Ren 南 华 真 人 ( Zhuang Zi 庄 子) dan Wu Shang Zhen Ren 无上 真 人 ( Yin Xi 尹喜). Pada hakekatnya sejak dari jaman dahulu Tai Shang Lao Jun dianggap manifestasi dari Wu Shang Da Dao 无上 大 道 atau Tao Maha Besar Yang Tak Terrhingga. Adalah manifestasi dari Dao Qi yang Abadi 道 气 长 存 , merupakan akar dari agama Tao.
Foto Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.