Legenda San Yue San

Asal Mula San Yue San bisa dilacak jauh ke belakang sampai ke fu xi. Fu xi dan Nuwa menciptakan manusia dan generasi-generasi berikutnya Di Yudong, Fu Xi disebut sebaga "nenek moyang manusia" dan kuil Taihuo Ling didirikan oleh Huaiyang, konon tempa ia membangun ibukotanya. Mulai dari hari kedua bulan kedua sampai dengan hari ketiga bulan ketiga, kuil menyelenggarkan acara perayaan dan para pengikut akan berbondong-bondon datang dari semua arah untuk menunjukkan hormat mereka kepada moyang manusia. Konon katanya, Nuwa menciptakan tujuh binatang dalam waktu tujuh hari dimulai ayam jantan pada hari pertama, anking pada hari kedua, kambing pada hari ketiga, babi pada hari keempat, sapi pada hari kelima, kuda pada hari keenam, dan manusia pada hari ketujuh. Berdasarkan siklus masa enam puluhan Cina, hari ketujuh adalah hari shangyi, artinya hari ulang tahun manusia adalah pada hari ini.Pada hari ini, bangsa Cina akan memakan bubur 7 harta karun yang terbuat dari 7 sayuran dan pancake xuntian. 

Mereka juga menggantungkan boneka berbentuk manusia yang digunting dari pita sutra penuh warna atau lembaran emas, di ambang pintu untuk mendapat berkah dan keberuntungan. Hari ketiga pada bulan ketiga juga dikatakan ebagai hari ketika Ibunda Ratu merayakan pesta peach panjang umur. Sebuah lagu menggambarkan peristiwa tersebut: "Pada hari ketiga pada bulan ketiga lunar ketika ha musim semi panjang waktunya, ri akan dibakar di Istana tangkai dupa Peach Panjang Umur. Angin lembut bertiup sepoi- sepoi sepanjang bantar sungai, mengembus ke atas seuntai debu merah". Dalam kepercayaan Taoistme, semua dewa-dewi akan datang menjelang pada hari ini untuk menghadiri pesta peach panjang umur dan para rakyat biasa pun merayakan hari istimewa ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.