KISAH DEWA BINTANG BIDUK SELATAN ( NAN TOU XING JIN / 南斗星君) bagian 3 dari 4 Tulisan



DEWA BINTANG NAN TOU, (BIDUK SELATAN) adalah salah satu dewa penting dalam taoisme, ia mengepalai 5 dewa bintang, yang masing-masing mengatur segala sesuatu kehidupan / pencaharian:
1. Bintang Nasib
2. Bintang Kesejahteraan
3. Bintang Umur Panjang
4. Bintang Menghitung Kebahagiaan
5. Bintang Khatulistiwa


Ada pepatah mengatakan Bintang Nan Dou (Biduk Selatan) mengatur segalla menyangkut, kapan orang dilahirkan, bagaimana nasib dan peruntungan, bagaimana karir / jodohnya, bagaimana keberuntungan nya kelak, sedangkan Bintang Bei Dou (Gantang Utara) menentukan / mengatur segala tentang kematian atau Bintang Kematian.

Konon setiap tahun pada akhir tahun, ketika para Dewa naik ke kahyangan (yakni bulan 12 Imlek, tgl 24) melaporkan segala perbuatan baik dan buruk semua umat manusia kepada Kaisar Langit, maka sebagai gantinya BINTANG NAN DOU DAN BEI DOU akan turun ke bumi, melakukan audit / investigasi / seluruh laporan dewa-dewi yang ada bumi, untuk menentukan bagaimana nasib dan peruntungan, apakah ada perbuatan baik yang dilakukan, atau ada perbuatan buruk yang diperbuat utk dilaporkan ke Kaisar Langit.

Konon jika kita melakukan banyak pahala kebajikan, berjasa untuk semua makhluk, maka Bintang Nan Dou akan melaporkan ke Kaisar Langit, agar manusia tersebut diberikan kenaikan pangkat, naik beruntung, umur panjang, mendapat jodoh yang baik dan keturunan.

Namun, jika kita melakukan banyak kejahatan / karma buruk, membunuh, mencuri, berbuat asusila, maka Bintang Bei Dou akan melaporkan ke Kaisar Langit, dan akan menghukum orang tersebut, dengan sakit-sakitan, dipotong masa kejayaan / kekayaan mereka, bahkan ada yang diperpendek umurnya.

Sehingga pada saat upacara doa, kepada Bei Dou Xing Jin, kita sangat takut berbicara tidak sopan atau melakukan doa yang tidak benar, karena akan dihukum oleh Bintang Bei Dou

南斗星君,與北斗星君並稱,是道教中重要的星君,掌管南斗六星。分别是:『司命星、司禄星、延寿星、益算星、度厄星、上生星』。據說,南斗星掌理人類的壽命長短,俗說:「南斗註生,北斗註死。」楊炯《渾天賦》:「南斗主壽祿,東壁主文章。」民間傳說南斗星君與北斗星君在每年除夕下凡,考察人間善惡。

另說南斗星君是司命星、司禄星等六星君的統一稱呼。

傳說 编辑

五斗星君
干寶的《搜神記》就記載了一則,南斗星君與北斗星君增添凡人壽命的故事:管輅要一個注定要早夭的年輕人,趁南斗星君與北斗星君在下凡對奕時,用酒肉向之求助,最後得以延壽。

管輅至平原,見顏超貌主夭亡。顏父乃求輅延命。輅曰:「子歸,覓清酒鹿脯一斤,卯日,刈麥地南大桑樹下,有二人圍位,次但酌酒置脯,飲盡更斟,以盡為度。若問汝,汝但拜之,勿言。必合有人救汝。」

顏依言而往,果見二人圍碁,頻置脯,斟酒於前。其人貪戲,但飲酒食脯。不顧數巡,北邊坐者忽見顏在,叱曰:「何故在此?」顏惟拜之。南面坐者語曰:「適來飲他酒脯,寧無情乎?」北坐者曰:「文書已定。」南坐者曰:「借文書看之。」見超壽止可十九歲,乃取筆挑上語曰:「救汝至九十年活。」顏拜而回。

管語顏曰:「大助子,且喜得增壽。北邊坐人是北斗,南邊坐人是南斗。南斗註生,北斗註死。凡人受胎,皆從南斗過北斗;所有祈求,皆向北斗。」

參見 编辑

南極仙翁
南斗六星
北斗星君
外部連結

其他语言
Fu ht最后编辑于2月前
Wikipedia® 移动版桌面版
除非另有声明,本网站内容采用CC BY-SA 3.0授权。
隐私

1 komentar

  1. Jika butu template utk blognya, bisa hubungi saya lwt kontak komentar blog, demo https://vlogurl.blogspot.co.id/

    BalasHapus

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.