Hari ini Go Gwee Ce Jit Imlek 2567. Hari Sejit Qiau Sheng Xian Shi - Lu Ban Gong - 巧聖先師 鲁班公



Dewa Pelindungan Pertukangan

DEWA PELINDUNG PERTUKANGAN - QIAO SHENG XIAN SHI (LU BAN GONG)

Qiao Sheng Xian Shi (巧聖先師) atau Guru besar pertukangan, secara umum disebut Lu Ban Gong - 鲁班公 (Law Pan Kong - Hokkian). Ia adalah seorang tokoh pertukangan ulung yang hidup pada jaman Zhan Guo dari negeri Lu yang bernama Gong Shu Ban. Hari lahirnya pada tanggal 7 bulan 5 Imlek.

Karena kepandaiannya dalam pertukangan, Lu Ban Gong dianggap sebagai Dewa pelindung usaha-usaha pertukangan baik batu maupun kayu, perdagangan kayu dan perabot-perabot rumah tangga dari kayu. Di kota-kota besar di Taiwan dan Tiongkok beberapa organisasi tukang kayu atau pengusaha mebel mendirikan rumah pemujaan untuk Lu Ban Gong ini. Di Jakarta juga terdapat kelenteng Lu Ban Gong yang didirikan oleh organisasi perdagangan. Lu Ban adalah penemu berbagai perkakas pertukangan, seperti gergaji, pasah, bor yang masih banyak dipergunakan sampai sekarang, gilingan batu-pun dikatakan sebagai hasil temuannya. Kisahnya banyak dituturkan dari mulut ke mulut dan beredar dari jaman ke jaman, berupa legenda yang cukup teliti, misalnya suatu ketika kakinya terluka oleh semacam rumput pada saat ia bekerja. Ketika di perhatikan, rumput itu bergerigi tajam. Dari situlah ia mendapat ilham untuk menciptakan gergaji.

Ada kisah ajaib tentang bagaimana ia memahat seekor burung Phoenix, begitu selesai dipahat burung itu "hidup dan terbang". Di lain kesempatan burung kayu hasil buatannya dapat terbang di angksa selama 3 hari.

Adalagi kisah bagaimana ia memahat sebongkah batu untuk dibuat tangga, didepan pintu rumah seorang janda miskin. Ia tahu seseorang yang membangun jembatan di dekat situ akan membutuhkan batu itu. Pada saat akan diresmikan, temyata masih ada kekuranggan satu batu pada tangga jembatan.Waktu sudah sangat mendesak, sang pelaksana sangat gugup. Untunglah akhirnya batu yang dipahat Lu Ban di depan rumah janda itu ternyata tepat sekali dengan ukuran batu yang dibutuhkan untuk menutup tangga jembatan itu. Rupanya Lu Ban telah jauh memperhitungkan hal itu. Si pelaksana pembuat jembatan membayar batu itu dengan harga tinggi kepada sang janda yang sangat memerlukan uang untuk pernikahan putrinya.

Satu kisah lagi yang menarik adalah tentang seorang pangeran yang ingin melengkapi istananya dengan menara di tiap sudut. Ia menginginkan tiap menara itu mempunyai 18 tiang dan 72 blandar (balok). Para tukang yang tidak bisa memenuhinya di hukum mati, sehingga banyak tukang menjadi putus asa. Kebetulan Lu Ban lewat. Lu Ban menjanjikan waktu tiga hari untuk membantu mereka. Setelah berpikir keras selama dua hari, ia menemukan seorang anak menjual tonggeret didalam kotak kecil. Ia menemukan idenya disitu. Pagi berikutnya ia membuat sangkar burung yang sangat rumit konstruksinya, hanya dengan tangkai gandum. Ketika dihitung temyata tepat berjumlah 9 tiang, 18 pilar dan 72 blandar. Dengan model ini, ia mendptakan menara yang dikehendaki pangeran. Oleh sebab itu, Lu Ban dianggap sebagai lambang kecermatan. #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.