KISAH DAN LEGENDA MAHA DEWA - THAY SANG LAO JUN (DAODEN TIAN ZUN) - bagian 3 dari 4 Tulisan



Asal Usul Reinkarnasi Thay San Lao Jun sebagai Laozi

Berdasarkan Biografi Laozi yang disusun oleh Ge Hong dalam Biografi para Abadi (Hanzi=神仙傳;hanyu pinyin=Shenxian Zhuan), dikatakan bahwa Laozi terlahir sebelum Langit dan Bumi, setelah 72 tahun berdiam dalam rahim ibundanya. Dia dilahirkan dibawah sebuah pohon plum (Li). Dia sudah dapat berbicara ketika dilahirkan, dan mengambil huruf "Li" (李) berdasarkan nama pohon tempat ia lahir sebagai marga.

Menurut Inskripsi Penghormatan bagi Laozi (hanyu pinyin=Laozi Ming;Hanzi= 老子銘) yang ditulis oleh Bian Shao, Perdana Menteri dari Chen, pada tahun ke-8 Yanxi dinasti Han Timur, Laozi "muncul dari Energi Vital (Qi) Kekacauan Besar, abadi bagaikan tiga cahaya, Matahari; Bulan; dan Bintang-bintang." "Sebagai perwujudan dari Tao, dia melindungi dan menyelamatkan umat." Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) menempatkan Taiqing Taishang Laojun pada posisi tengah di tingkat keempat , dalam istana Taiji (太極宮) di Alam Surga Kemurnian Agung (太清境), yang merupakan Alam Surga ke-34 dan merupakan Alam Surga tertinggi ketiga dari 36 Alam Surga.[2]

Bab "Catatan Buddhisme dan Taoisme" dalam sejarah Dinasti Wei mengatakan bahwa Taishang Laojun "berdiam diatas dalam Ibukota Giok (玉京) sebagai leluhur Raja-raja Suci. Berdiam dibawah dalam Kegaiban Ungu (紫微) sebagai Penguasa Dewata Terbang." Keluarga kerajaan dari Dinasti Tang, menjadikan Laozi sebagai leluhur mereka, menghormati dan menghargai dia dengan banyak gelar mulia. Kaisar Gao dari Tang memberikan gelar Xuanyuan Huangdi (玄元皇帝); sementara Kaisar Xuan dari Tang memberikan gelar Da Shengzu Gaoshang Dadao Jinque Xuanyuan Tianhuang Dadi (大聖祖高上大道金闕玄元天皇大帝).[2]

Penjelmaan dari Tao

Naskah Yunji Qiqian (雲笈七籤) mengatakan:

"Laozi adalah Taishang Laojun dan merupakan perwujudan dari Tao. Dia merupakan leluhur dari Energi Vital (Qi) Asal dan akar dari Langit dan Bumi. Muncul keluar dari spontanitas, sumber asal dari Tao Agung terlahir dari tak-terlahirkan, awal dari yang tak-berawal, terbentuk dari Gua Sunyata (空洞), mencipta dan merawat Langit dan Bumi. Dia dinamakan Tao yang Sempurna Sejati dan Maha Unggul, agung dan di luar jangkauan kata-kata. Maka dari itu dia berkata: 'Terlahir dari yang Tanpa Bentuk, berasal dari Hakekat Agung, berkembang penuh ketika Permulaan Agung, Aku berkelana dalam Maha Kesedehanaan (太素). Masuk dan keluar dari Kekosongan, Aku memasuki dan meninggalkan Misteri Samar. Aku menyaksikan Kekacauan sebelum ia terbagi, menyaksikan Yin dan Yang sebelum ia terpisah, menapaki Rimba Alam Semesta, dan mengalami penciptaan dari segala sesuatu.' Oleh karena itu, Laojun merupakan Energi Vital (Qi) Asal dari Tao Yang Sempurna dan pencipta ke-spontanitasan."

Guru Para Suci (Reinkarnasi sebagai Pendeta Xuan Zong Fashi, sebagai Jin Que Di Jun, sebagai Yu Hua Zi, sebagai Laozi, sebagai Chi Jing Zi, dan Lu Tu Zi dan seterusnya selalu menjadi guru dari para orang Suci)

Sejak penyatuan Fuxi dan Shennong, Taishang Laojun dipercaya telah berulang kali menginkarnasikan dirinya di dunia. Ia disebut Xuanzhong Fashi (玄中法師) pada masa Tiga Mulia Atas, sebagai Jinque Dijun (金闕帝君) pada masa Tiga Mulia Bawah, Yuhuazi pada masa Fuxi, Laozi Sembilan-Sukma pada masa Shennong, Guangshouzi pada masa Zhurong, Guangchengzi pada masa Kaisar Kuning, dan Chijingzi pada masa Zhuanxu. Dia adalah Lutuzi pada masa Kaisar Ku, Wuchengzi pada masa Yao, dan Yinshouzi pada masa Shun. Dia adalah Zhenxingzi pada masa Yu dari Dinasti Xia, Xizezi pada masa Tang dari Dinasti Yin-Shang, dan Master Wen’yi pada masa Raja Wen. Dia merupakan guru dari bergenerasi orang-orang suci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.