MAKNA DUAN WU JIE BAGI TAOISME



Setiap bulan tg 5 disebut hari JAHAT (Sha) ditambah dengan bulan ke 5 disebut bulan JAHAT (Sha) dan pada saat jam 11.00-13.00 jam Wu atau Jam Kuda. Arti nya Duan Wu artinya Memotong Semua Yang Jahat, baik bulan, hari dan jam (San Sha) atau sering disebut hari San Sha.

Utk itu para kaum taoisme menggunakan hari terkuat antara YIN YANG ini untuk:


1. MENGUSIR HANTU / ROH JAHAT

Hari ini Go Gwee Ce Go Imlek 2567. Hari Sejit Zhong Kui 鍾馗
Masyarakat sering menempelkan gambarnya di daun pintu, terutama pada malam Tahun Baru Imlek dan Hari Raya Tuan Wu 端午 ( Pe’Cun) pada tanggal 5 bulan 5 Imlek. Ketika kekuatan Yin dan Yang bertabrakan membuat saat yang tepat utk melakukan upacara pembersihan rumah / tempat tinggal.

Hari ini juga sekaligus memperingati Hari Shejit dari Dewata ZHONG KUI (pembasmi hantu / siluman).

2. MENGOBATI PENYAKIT (MANDI TENGAH HARI)

Dengan menggantu Daun Chang Pu didepan pintu dan upacara ritual dipercaya akan melenyapkan segala penyakit. Konon air hujan atau mengambil air ditengah hari dan mandi, dapat membersihkan segala penyakit karena pengaruh roh / gangguan yang disebabkan oleh Dunia YIN (Hantu / roh jahat).

Pada peristiwa SARS 2002 dan FLU BABI tahun 2006, seluruh pendeta tao di Tiongkok melakukan upacara bersamaan untuk menekan wabah penyakit. Dan ditandai dengan upacara naga dan mengambil air laut utk diadakan mandi bersama-sama dan upacara ritual.

3. MENULIS JIMAT HU

Menulis jimat HU atau membaca mantra pada hari ini, memiliki kekuatan 1 (satu) tahun energinya. Tidak ada hari lain selain hari Duan Wu utk menulis Hu. Dalam buku AJIMAT Hu, dituliskan kekuatan sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.