Sejarah Dewa Petir (Lei Gong / 雷公 ) 2



Apa Perbedaan Lei Zu 雷祖 dan Lei Gong 雷公.?

Menjawab permintaan dari salah satu member yang bertanya secara pribadi apa itu Lei Zu 雷祖 dan perbedaannya dengan Lei Gong 雷公. Banyak orang yang salah kaprah waktu mendengar nama LeiZu lantas menganggap itu adalah Lei Gong yang digambarkan bermuka burung dan memiliki sayap, yang mana gambaran itu adalah gambaran LeiShen atau LeiGong dituangkan jelas dalam kisah FengShen Bang / penganugrahan dewa.LeiZu disebut Pu Hua Tian Zun atau Jiu Tian Ying Yuan Lei Sheng Pu Hua Tian zun 九天 應 元雷声普化天. Sebenarnya Lei Zu 雷祖 ini adalah dewa Taoisme yg jarang dikenal dikalangan rakyat biasa. Mayoritas rakyat jelata mengetahui Lei Gong 雷公 yg berwujud seperti burung itu.

Dalam mitos kelahiran Huang Di atau XuanYuan 黄帝/ 轩辕 , sering dikatakan bahwa Huang Di berasal dari intisari petir atau bisa dikatakan kelahiran Huang Di karena ibunya melihat petir melintasi barisan 7 bintang dan saat itulah ibunya hamil. Kitab2 Taoisme menuliskan bahwa Lei Zu menguasai 5 petir (Tianlei , Di Lei , ShuiLei, Shen Lei , She Lei 天雷 地雷 水雷 神雷社 雷) dan disebut bapak dari semua mahluk , guru dari segala mahluk yang mengajarkan manusia untuk hidup menjadi lebih baik. Dalam susunan kosmologi kedewaan Taoisme , Leizu adalah kepala dari Departemen Petir yang dimana fungsinya adalah menghukum mereka yang berbuat jahat, dan ada beberapa aliran Taoisme di Taiwan percaya Departemen Petir itu seperti provost atau polisi militer. Dan LeiGong yang berbentuk seperti burung itu adalah bawahan dari Pu Hua Tian Zun selain itu yang menjadi bawahan adalah DianMu , FengBo dan YuShi (天母 风伯 雨师).

Asal usul LeiSheng PuHua TianZun ada 3 cerita yang menceritakan menitis menjadi manusia :

Lahir menjadi kaisar Kuning , karena itu disebut bapak dari semua mahluk , guru dari segala mahluk. Disini ada yg menarik bahwa dalam pemikiran Taoisme bahwa dalam tubuh manusia ada dewa petir yg mana menghidupi diri kita, mungkin ini kita sebut bio electric.Lahir menjadi Wen Zhong atau Wen TaiShi 闻仲/ 闻太师 pada masa dinasti Shang akhir, seorang pejabat militer yang setia kepada Zhou Wang dan walau raja Zhou Wang terkenal lalim tapi ia tetap setia membela majikannya serta selalu mengkritik perilaku majikannya dan kemudian ia dikirim berperang agar Zhou Wang tidak dikritik terus menerus, ketika Wen Wang dari kerajaan Zhou menyerang , Wen Zhong tampil digaris depan membela wilayah kerajaan Shang.Lahir sebagai Chen WenYu 陈文玉, seorg pejabat pada masa dinasti Tang pemerintahan ZhenGuan 贞观, dimana Chen WenYu menjabat sebagai bupati yang jujur dan memperhatikan rakyat di kota Lei Zhou 雷 洲 di provinsi GuangDong. kota itu hingga sekarang disebut Lei Zhou.

Kelahiran Chen WenYu mirip seperti kisah Na Zha yang lahir dari bola daging. Mungkin pengarang Feng Shen Bang terpengaruh akan cerita kelahiran Chen WenYu ? Sedangkan versi lain dimana bisa dikatakan tidak lahir sebagai manusia tapi sebagai anak ke 9 dari Yuan Shi Tian Zun yang bernama Yu Qing Zhen Wang 玉清真王 dan kemudian menjadi Lei Sheng Pu Hua Tian Zun.

Ada hal yang menarik mengenai Lei Gong dan Lei Zu , jika petir menggelegar selalu disertai guntur yang merupakan kerja dari 2 dewa yaitu Lei Gong dan Dian Mu. Pada masa dinasti Han ada pendapat bahwa petir bisa timbul karena ada energi Yin dan Yang yang bertemu, Lei Gong bersifat Yang dan Dian Mu bersifat Yin.

Para Taoist membaca Leisheng Puhua Tianzun saat melakukan Zhuan TianZun (semacam pradaksina dalam agama Buddha Mahayana) atau ada juga yang membaca nama tersebut ketika sedang melakukan meditasi.

           


Foto Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao.
Foto Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.