Ucapan Ulang Tahun Pembawa Keberuntungan



Menurut kebiasaan China tradisional, tidak semua ulang tahun dikenal sebagai shou. Hadiah ulang tahun diberikan bila seseorang merayakan ulang tahun ke-50 dan sesudahnya. Pada zaman kuni, ada banyak istilah pujian untuk ulang tahun yang dirayakan ketika seseorang mencapai 60 tahun, yang disebut huajia, dan ketika mencapai 77 tahun, yang disebut xishou.

Nama Panggilan untuk Usia Tertentu
 Orang China merayakan ulang tahunnya (shou) dengan jarak 10 tahun. Perayaan besar memiliki nama khusus.

    Pria berusia 50 tahun disebut 'pria yang telah mencapai usia mengetahui keputusan Langit' atau 'usia di mana ia mengetahui keinginan Langit' yang berasal dari Analektika-wei zheng, "Mengetahui keputusan langit pada usia 50..." Mandar dari langit disebutkan oleh Konfusius, manusia akan mengembangkan siklus pengaturan diri, di mana ia akan mencapai kekuatan tenang dari dalam. Mengikuti adat tradisional, ini adalah tahun untuk memulai perayaan ulang tahun.

    Orang berusia 60 tahun disebut sebagai 'usia hu-jia' atau ' tahun seseorang memiliki telinga patuh untuk menerima kebenaran'. Istilah huajia berasal dari perhitungan kuno tentang usia menggunakan Batang Langit dan Cabang Bumi memiliki 60 kombinasi yang membentuk siklus 60 tahun. Orang berusia 60 tahun dikatakan telah melengkapi siklus penuh Langit dan Bumi, Alam Raya  dan Kehidupan. Konfusius berkata: "Ikutilah arus, dan jangan melawan arus." ini berarti orang berusia 60 tahun adalah bijaksana.


Nama Panggilan untuk Perayaan Ulang Tahun
Ornag China punya empat ungkapan untuk ulang tahun: ulang tahun gembira, ualng tahun nasi, ulang tahun putih, dan ulang tahun teh. Asal mula dari empat nama panggilan ini terkait dengan huruf China. Usia 77 dianggap xishou karena dalam huruf China xi ditulis dalam 'gaya rumput' yang menyerupai huruf China untuk 77. Usia 88 tahun disebut mishou. Huruf China mi  terdiri dari tiga bagian. Dua titik di atas menyerupai delapan terbaik, bagian tengah adalah sepuluh dan di bawah ada delapan lagi, membentuk huruf untuk angka 88. Usia 99 tahun disebut baishou karena huruf China  bai kurang satu goresan dari huruf bai (100), maka sama dengan 99. Seratus delapan tahun disebut chashou. bagian atas dari huruf cha  terdiri dari dua huruf sepuluh. Bagian tengah adalah delapan, dan bagian bawah adalah huruf China untuk kayu, terdiri dari delapan dan sepuluh yang berjumlah 18. Menambah bagian atas 20 pada delapan-sepuluh-delapan (88) sama dengan 108. Maka memberi teh sebagai hadiah ulang tahun melambangkan panjang umur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.