Memilih Nama Keberuntungan




Nama seseorang melekat pada dirinya seumur hidupnya. Maka, kebanyakan orangtua sangat teliti tentang pemilihan nama untuk anak-anak mereka, karena mereka punya harapan tinggi dan ingin melihat anak-anak mereka sukses.
Orang China menghubungkan nama seseorang dengan nasibnya. Bagi orang Han China, nama adalah keramat karena mereka percaya nama mengendalikan jalan seseorang dalam hidupnya. Mencari keseimbangan antara Yin dan Yang Orang China percaya bahwa segala sesuatu diatur oleh yin dan yang. Maka, keseimbangan yin dan yang ditekankan, meskipun ketika memilih nama. Yin yang adalah konsep keseimbangan filosofis. Mereka bisa dibedakan dengan aspek berikut, yakni `teorr dan `angka'. Yang disebut `teori unsur' merujuk pada konsep setara seperti langit dan bumi, pria dan wanita, utara dan selatan, depan dan belakang, luar dan dalam, dan terang dan gelap. Teori yin dan yang bisa ditafsirkan sebagai berikut:
Langit dan Bumi Pria dan Wanita Utara dan Selatan Depan dan Belakang: Kiri dan Kanan Luar dan Dalam : Terang dan Gelap :

Langit yang, Bumi yin Pria yang, wanita yin Selatan yang, utara yin Depan yang, belakang yin Kiri yang, kanan yin Luar yang, dalam yin Terang yang, gelap yin Yang disebut `angka' merujuk pada jumlah goresan dari yin dan yang. Semua angka ganjil dianggap yang sedangkan angka genap adalah yin. Artinya satu, tiga, lima, tujuh, dan sembilan adalah yang; dua, empat, enam, delapan, dan sepuluh adalah yin. Biasanya, huruf China punya `teori' dan `angka'. Untuk dua aspek ini, makna kata dan jumlah gores-an dimasukkan. Misalnya, huruf China untuk raja  merujuk pada manusia dan kekuasaan, maka ini adalah yang, bila dianalisis, huruf ini punya empat gores-an, maka itu adalah angka genap dan harusnya yin. Maka, secara teori  adalah yang tapi dalam jumlah goresan, ini yin. Akar kata 'phoenix' diambil clan dan karena naga yang, maka 'phoenix' harus yin. Rakyat percaya bahwa ketika memilih nama yang bagus, kedua `teori' dan `angka harus seimbang. Huruf seperti 'raja' dianggap bagus, sedangkan kata 'phoenix' tidak.

Keseimbangan Yin dan Yang dalam Huruf Ketika memilih nama untuk bayi yang baru lahir, keseimbangan yin dan yang dicari. Ada cara untuk men-capai ini; secara prinsip, bila seseorang dianggap terlalu maskulin, nama yin harus diberikan; bila terlalu femi-nin, nama yang dipertimbangkan. Harapan Orangtua untuk Nama yang Bagus Mama bagus meliputi huruf China untuk nasib baik, kekayaan umur panjang , dan kebahaiaan  biasanya dipilih dengan harapan panjang, umur, sehat, dan makmur. 

Nama umum yakni: Zhang Jincai (tan), Li Fugui of), dan Liu Changsou. Untuk memas-tikan keselamatan anak-anak mereka, orangtua berdoa pada alam seperti bulan, batu, dan pohon. Maka, anak-anak juga dinamai Chen Musheng  dan Zhang Yuesheng . Ada orangtua yang memakai nama hewan yang berani untuk anak laki-laki, dengan harapan anaknya akan berani dan kuat. Nama-nama ini seperti: Pengfei  yang artinya melambung, dan Shilong  yang berarti singa dan naga. Untuk perempuan, nama umum seperti Zhaodi  yang berarti `mengundang adik lelaki' dan Shengnan  Yang berarti lebih baik dari lelaki' biasanya digunakan dengan harapan orangtua mendapat bayi lelaki.

Memilih Nama Panggilan
Rakyat percaya bila seorang anak mati muda, berarti jiwanya 'dicuri' oteh kekuatan jahat. Untuk memastikan keseiamatannya, orangtua sering menghindari memberi bayi baru lahir nama panggilan 'hebat' seperti Shou  yang artinya panjang umur, atau Qiang  yang artinya kuat.
Pencemaran adalah nama panggilan Kaisar Wudi dari
Dinasti Song. Liu Yu  juga dikenal sebagai Jinu  yang berarti 'budak yang tinggal di rumah orang'. Penyair terkenal Kin Qiji  pernah menyebutkan dalam syairnya yang terkenai: "Hanya pohon dan rumput yang ditemukan di jaian aneh ketika senja, dan di sinilah Liu Yu pernah tinggal." Liu Yu di sini merujuk pada Kaisar Wudi.

Orang kuno biasa menamakan anaknya dengan nama hewan dan tanaman. Bahkan sekarang, Anda masih bisa mendengar orang memanggil anaknya `macan kecil' dan `ranting kecil'.

2 komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.