Menggunakan Keluarga Angkat dengan Baik



Dalam dunia yang tidak bisa diramalkan, beberapa anak dilahirkan lemah sedangkan yang lain sehat dan sangat cerdas. Orangtua sangat peduli tentang kehidupan anak-anaknya, maka mereka sering mencari keluarga angkat. Keluarga angkat dianggap memberi perlindungan pada anak-anak mereka dan memastikan mereka memiliki kehidupan yang sehat dan selamat.
Anak-anak bisa mencari pertalian keluarga angkat dengan siapa pun selain orangtua biologis mereka. Maka, mereka bisa memiliki lebih dari sepasang orangtua. Kebiasaan ini menjadikan orang mati, orang terkenal, atau benda tidak hidup layak untuk menjadi orangtua angkat si anak. Kebiasaan Mencari Pertalian Keluarga Angkat dalam bahasa China, orangtua angkat dikenal sebagai gan fu mu, yi fu mu, gan die gan ma,  ji fu ji mu, dan gun fang die niang Biasanya, kebiasaan mencari keluarga angkat umum tapi tidak sama di setiap daerah. Beberapa orangtua angkat bahkan memiliki syarat dan ketentuan sebelum mengadopsi. Sementara itu, orangtua angkat harus menerima hadiah lebih dulu. Mereka kemudian harus menunjukkan pengakuan dengan memberi si anak mangkuk, sumpit, dan gembok panjang umur. Anak itu juga harus dinamai. Menarik untuk dicatat bahwa pengemis juga bisa diakui sebagai orangtua angkat di beberapa tempat. Menurut Xin Fan Xian Zhi Li Su Zhi , ada orang yang mende  kati orang lewat atau pengemis dan meminta bantuan mereka memberi nama pada anaknya. Karena  pengemis meminta dari rumah ke rumah, rakyat percaya mereka memiliki kekuatan hidup yang kuat. Orangtua berharap anak-anak mereka akan diberkati dengan nasib baik bila mereka dinamai oleh pengemis. Di Suzhou, Wuxi, dan Changzou, kebiasaan me-minta orang terkemuka yang sudah meninggal sebagai orangtua angkat masih dipraktikkan. Patung Lao Jiye  yang terletak di Kuil Ganlu  di Wuxi, dikenal untuk kebiasaan ini. Ia konon merupakan seorang pejabat jujur yang dijebak dan diracun hingga mati. Rakyat di daerah itu sangat menghormatinya hingga mereka menerimanya sebagai ayah angkat bagi anak mereka.


Mencari Orang Lain untuk Keluarga Angkat
sungguh menarik untuk dicatat bahwa rakyat bahkan menyasar dewa, siluman, tanaman, hewan, dan benda tidak hidup sebagai keluarga angkat. Dewa: sebagian orang di Jiangsu mengakui dewa-don di kuil sebagai orangtua angkat untuk anak-anak naereka. Selama upacara adopsi, ayah anak itu akan menggantungkan tas kain merah (juga dikenal sebagai tas adopsi) yang memuat detail kelahiran si anak di atas lemari. Setelah itu, pendeta dari kuil akan membeda anak itu nama umum seperti Jinsheng  dan Jinshou  Kemudian, pendeta itu akan mem-berikan makan malam Tahun Baru Imlek pada anak itu selama tiga tahun berturut-turut. Tas adopsi akan diambil setelah anak itu menikah. Ini disebut `menarik tas'. Siluman: di Hangzhou dan Zhejian, ada orang yang mengakui utusan Yama (Raja Neraka) sebagai  orangtua angkat untuk anak mereka. Konon dengan melakukannya, anak-anak akan terbebas dari siluman. Hewan: di desa-desa di selatan Yiwu di Zhejiang, ada kebiasaan di mana anak-anak mengangkat peternakan sebagai orangtua. Bila seorang wanita telah melahirkan berapa anak tapi semua mati muda, maka kelahiran berikutnya, ia harus lebih dulu mengangkaat babi atau lembu sebagai orangtua angkat anaknya. Tanaman: pohon dan bambu juga bisa diakui se-bagai orangtua angkat. Pohon tua di provinsi Zhejiang diakui sebagai ayah angkat karena orang percaya bahwa pohon tinggi memiliki kekuatan khusus yang bisa memberkati anak dengan umur panjang dan perlindungan dari penyakit. Benda tidak hidup: di Lunan , orang percaya akan pemujaan bate besar dan mengakuinya sebagai orangtua angkat. Karena batu kuat, orang per-caya anak mereka akan menerima perlindungan dan diberkati dengan kedamaian.

Mengitari Pohon Cedar China
Ada kebiasaan yang disebut `mengitan pohon cedar China di bagian selatan provinsi Hebei. ini melibatkan keluarga yang anggotanya lahir sebagai orang kerdil. Orang kerdil disarankan diam-diam berlari ke pohon cedar China dan rnengitarinya searah jarum Jam. Ketika menaitari pohon , rnereka harus "Hai pohon cedar China, kau harum: aku akan mengitarimu tiga kali searcah jarum jam. Bila aku lebih tinggi,aku akan  rnembakar hio tahun depan,.

Setelah menyelesaikan lingkaran, orang kerdil hasus cepat pulang tanpa berbalik, Kalau tidak, itu tidak akan efektif.  Menurut legenda, jam yang tenang dipilih karena itulah waktunya Langit dan Bumi  merayakan saat gembira. Meskipun orang kerdil pohon cedar China setiap tinggi mereka tetap sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.