Hal Pembawa Keberuntungan dalam Pesta Ulang tahun

Pesta ulang tahun adalah komponen penting dalam perayaan ulang tahun. Mangkuk mi panjang umur adalah keharusan bagi orang yang menginginkan panjang umur. Kebiasaan ini dipelihara di China sejak zaman kuno.

Memakan Mi Panjang Umur
Mi panjang umur adalah makanan yang harus disiapkan dalam penjamuaan ulang tahun. Begitu upacara pengucapan selamat selesai, para wanita akan masak mi yang panjang. Sampai sekarang, kapan pun orang tua merayakan ulang tahunnya, keluarga dan temannya akan berkumpul dan makan semangkuk mi ulang tahun panas.

    Karena ini dianggap sebagai cara memohon umur panjang. Di beberapa tempat, sebelum makan mi panjang umur, setiap orang akan mengambil beberapa helai mi dari mangkuk orang yang berulang tahun sebelum mengatakan kata-kata seperti 'Menambah kebahagiaan dan umur panjangmu'. Memotong helai mi juga tabu karena orang percaya  ini akan memperpendek umur. Di beberapa tempat, juga tabu mengisi mangkuk mi sampai tepinya karena menyiratkan 'usia hidup penuh', yang dianggap tidak baik.

Adat Istiadat Selama Pesta Ulang Tahun
Bagi beberapa orang China kaya, mangkuk mi panjang umur tidaklah cukup. Setelah perayaan ulang tahun, mereka biasanya mengadakan pesta di rumah atau hotel untuk makan dan minum sepuasnya.

    Pada pesta ulang tahun kursi kehormatan diberikan untuk yang berulang tahun. Kerabat yang lebih senior atau sama usianya berbagi meja dengan para menantu laki-laki. Anak-anak tidak duduk bersama ornag tuanya. Namun, bila ada kursi kosong, cucu lelaki tertua dari yang berulang tahun bisa ikut duduk bila tidak ada yang keberatan.

    Di banyak tempat, seluruh desa diundang untuk perayaan ulang tahun orang tua, di mana seluruh klan akan makan mi panjang umur. Pada akhir pesta, bakpau dan roti dibagikan pada tetangga. Ini dikenal sebagai 'roti pembentuk ikatan'. Suvenir seperti mangkuk panjang atau syal panjang umur dangan puisi panjang umur juga biasanya diberikan pada tamu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.