KISAH DAN ASAL USUL HAN TAN KONG (CENG IT THIAN KUN) 趙公明 (Thio Kong Beng), PEMIMPIN 5 PENJURU DEWA REJEKI - WU LU CAY SEN (Bagian 2 / 3 ) Shejit Bln 3 tgl 15 Imlek

KISAH DAN ASAL USUL HAN TAN KONG (CENG IT THIAN KUN) 趙公明 (Thio Kong Beng), PEMIMPIN 5 PENJURU DEWA REJEKI - WU LU CAY SEN (Bagian 2 / 3 ) Shejit Bln 3 tgl 15 Imlek
Selain versi Feng Shen ini, di dalam buku “Sanjiao Yuan Liu Shou Shen Da Chuan” atau “Koleksi Lengkap Asal Usul Dewa-Dewi aliran Sam Kauw”, disebutkan bahwa Xuan Tan adalah Zhao Yuan Shuai (Tio Goan Swee-Hokkian) atau Jenderal Zhao, yang bernama Gong Ming. Ia berasal dari Pegunungan Zhong Nan Shan (Ciong Lam San-Hokkian). Pada jaman Dinasti Qin (246 SM – 207 SM) ia meninggalkan kehidupan dunia dan pergi bertapa di Pegunungan Long Hu Shan, menggantikan Zhang Tian Shi (Thio Thian Su-Hokkian) yang berkuasa di situ. Kemudian Yu Huang Da Di memberikan kekuasaan besar, antara lain memerintah Tiga Lapisan Alam, mengadakan perondaan di lima penjuru dan memilih tokoh2 untuk memerintah sembilan benua.
Pengiring Zhao Yuan Shuai (Tio Guan Swee-Hokkian) sangat banyak. Ada yang disebut sebagai
Ba Wang Meng Jiang (Pat Ong Beng Ciang-Hokkian) yaitu “Delapan Panglima Gagah Berani”,
Liu Du Da Shen (Liok Taok Tay Sin-Hokkian) atau “Malaikat Besar yang memiliki enam racun”,
Wu Fang Lei Shen (Ngo Hong Lui Sin-Hokkian) atau “Malaikat Halilintar dari lima penjuru”,
Wu Fang Chang Bing (Ngo Hong Jiang Ping-Hokkian) atau “Prajurit ganas dari lima penjuru”,
Er Shi Ba Jiang (Ji Cap Pe Ciang-Hokkian) atau “Dua Puluh Delapan Panglima Perang”,
Shui Huo Er Ying (Cui Hwee Ji Ing-Hokkian) atau Dua kubu pasukan api dan air,
Thien He Er Jiang (Thian Ho Te Ho Ji Ciang-Hokkian) atau Dua Panglima keselarasan langit dan bumi”. Para pengiring ini bertugas antara lain mengusir angin atau mencurahkan hujan, membasmi kuman dan mengenyahkan penyakit, melindungi penderita sakit dan melenyapkan bencana, melaporkan apabila ada kesewenang2an dan melindungi usaha perdagangan, membagi kekayaan kepada yang berhak, agar terjadi keadaan yang tentram dan damai di dunia.
Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.