KISAH DAN ASAL USUL DEWA PELINDUNG MASYARAKAT HAKKA 客家人 (KHE CIA REN) dan CHAO - ZHOU 潮州人 (TIO CIU NANG) - DEWA SAN SHAN GUO WANG 三山国王

KISAH DAN ASAL USUL DEWA PELINDUNG MASYARAKAT HAKKA 客家人 (KHE CIA REN) dan CHAO - ZHOU 潮州人 (TIO CIU NANG) - DEWA SAN SHAN GUO WANG 三山国王
DEWA SAN SHAN GUO WANG 三山国王 adalah Dewa pelindung yang dipuja oleh orang-orang keturunan Hakka 客家 dan Chao-Zhou 潮州籍.Yang dimaksud dengan San Shan 三山 atau tiga gunung adalah Du San 獨山, Ming San 明山 dan Jin San巾山, yang terdapat di wilayah Chaozhou 潮州(Tio Ciu - Hokkian) pronpinsi Guangdong 广东.
San Shan Guo Wang adalah tiga orang malaikat yang tinggal di tiga gunung tersebut. Mereka pernah memperlihatkan kesaktian dengan membantu bupati setempat, menyingkirkan bencana dan membantu Kerajaan Song 宋代 memulihkan keamanan di wilayah itu. Sebab itu mereka memperoleh gelar GuoWang 国王 yang berarti Raja. Gelar dan hari lahir ketiga melaikat itu adalah sebagai berikut :
1).喬惠威為(弘應豐國王) 鎮守獨山. Hui Wei Hong Ying Feng Guo Wang Du Shan yang berarti malaikat gunung Du Shan yang bijaksana dan berwibawa serta murah hati. Hari lahirnya dipeeringati pada tanggal 16 bulan 3 Imlik.
2). 连清化 (明肃宁国王)镇守明山 Zheng Ming Su Ning Guo Wang Ming Shan artinya raja gunung Ming Shan yang membantu pelaksanaan pemerintahan dan pemulihan keamanan hari lahirnya diperingati pada tanggal 28 bulan 2 Imlik.
3).趙助政為( 威德報國王) 鎮守巾山. Qing San Wei De Bao Guo Wang Jin Shan artinya Raja gunung Jin Shan yang dengan kebajikan dan kewibaannya memulihkan keamanan.Hari lahirnya diperingati tanggal 24 bulan 3 Imlik.
Di kota Tainan terdapat kuil pemujaan San Shan Guo Wang, yang didirikan pada tahun ketujuh pemerintahan Kaisar Yong Cheng ( Dinasti Qing) oleh masyarakat imigran Chao-zhou 潮州籍民. Sisa - sisa bangunan yang bergaya Guang dong banyak terdapat di kota ini. Sekarang, berbagai tempat yang terdapat masyarakat keturunan Hakka, tentu ada sebuah kelenteng San Shan Guo Wang. Di seluruh Taiwan terdapat 123 kelenteng San Shan Guo Wang. **
SUMBER : buku Dewa Dewi Kelenteng hal 287

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.