Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 3


Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 3

Jiang Taigong, aslinya adalah dari Donghai masa Dinasti Zhou, dia juga dikatakan sebagai keturunan Kaisar Yandi.
Salah satu leluhurnya pernah memegang posisi tinggi pada masa pemerintahan Kaisar Shun.
Belakangan, karena prestasinya dalam membantu Yu Agung untuk memanfaatkan sungai, ia dianugerahi sebagai pejabat tanah perdikan Lu (barat Kota hari ini Nanyang di Provinsi Henan) dan ditunjuk sebagai Marquis dari Lu.
Jiang Taigong juga disebut Shang Lu atau Lu Wang. Untuk menunjukkan rasa hormat, generasinya kemudian memanggilnya Jiang Ziya. Pada zaman kuno "Zi" adalah sebuah gelar kehormatan bagi pria.
Jiang Ziya adalah seorang terpelajar dan selalu mencari kesempatan untuk menempatkan bakatnya dalam praktek. Sebagian besar hidupnya dihabiskan dalam ketidakjelasan dan kemiskinan. Dia hanya bisa menggunakan kemampuannya ketika ia berusia tujuh puluh tahun.
Jiang telah mendengar bahwa Raja Wen, kepala Zhou di Dinasti Shang akhir adalah seorang yang ramah dan mudah didekati, menghormati yang lebih tua dan anak-anak yang penuh kasih, menempatkan orang-orang yang mampu dan berbudi luhur dalam posisi penting.
Jadi Jiang pindah ke Wenshui dan membangun sebuah gubuk dekat Panxi, ia mencari nafkah dengan memancing, sambil menunggu pos penting yang akan diberikan oleh Raja Wen yang akan memungkinkan dia untuk menggunakan kearifannya dalam membantu Raja Wen.
Oleh karena menunggu penguasa bijaksana dalam waktu yang lama, maka rambut Jiang berubah menjadi abu-abu dan harapannya tampaknya sia-sia. Namun karena telah ditakdirkan bahwa pada suatu hari nanti, dia akan mendengar suara kuda dan suara orang-orang yang datang dari jauh. Seorang pria bijaksana dan berpakaian sebagai Raja yang akan mendekatinya.
Raja Wen ketika dalam perjalanan untuk mencari bakat, secara kebetulan telah bertemu dengan Jiang Ziya. Ketika diberitahu bahwa pengunjung ternama ini adalah Wen Raja Zhou, yang bersemangat dalam mencari bakat, ia merasa sangat senang dan akhirnya diangkat sebagai Perdana Menteri !
Dia melakukan reformasi politik dan militer. Di dalam negeri, dia menekankan pada pengembangan produksi; eksternal, ia mengerahkan pasukan untuk menaklukkan klan tetangga kecil untuk memperluas wilayah dan melemahkan Dinasti Shang.
Dengan bantuannya Raja Wen mengalahkan Quanrong, menaklukkan Chongguo Dinasti Shang, dan memindahkan ibukota dari Qishan ke Fengcheng. Wilayah Zhou secara bertahap meningkatkan dan membentang dari Mi (hari ini Lingtai di Provinsi Gansu) di sebelah barat dari Yu (Sekitar di Qinyang todays di Provinsi Henan) di timur. Kemudian wilayah Zhou lebih diperluas ke lembah sungai Yangtze, Hanshui dan Rushui. Kekuatannya politik, ekonomi dan militer sangat melampaui Dinasti Shang, membuka jalan bagi berdirinya Dinasti Zhou.
Sayangnya, Raja Wen meninggal sebelum ia memenuhi ambisinya menggulingkan Shang. Anaknya Ji Fa, secara historis dikenal sebagai Raja Wu, berhasil takhta. Dengan bantuan dari Jiang, ia mengirim pasukan untuk melawan Raja Zhou dari Shang, dan dilaksanakan rencana ayahnya untuk mendirikan Dinasti Zhou.
Rezim disebut Zhou Barat dalam sejarah. Karena jasa-jasanya menggulingkan Dinasti Shang, Jiang diberikan daerah Qi (bagian tengah dan timur sekarang adalah Provinsi Shandong) sebagai perdikan, dan dianggap sebagai pendiri Qi.
Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.