Silsilah San Qing (Tiga Murni) Part 3 - Maha Dewa Lingbao Tianzun (靈寶天尊)

 
Silsilah San Qing (Tiga Murni) Part 3 - Maha Dewa Lingbao Tianzun (靈寶天尊)

Shàngqīng
Shàngqīng (Hanzi=上清), Yang Murni Tertinggi, menurut Taoisme merupakan salah satu dari Tiga Dewata Murni, dewata tertinggi dalam panteon Taois. Dia juga dikenal dengan nama Lingbao Tianzun (Hanzi=靈寶天尊) yang berarti "Ketuhanan dan Harta yang Dipuja oleh Semua" atau "Penguasa Seluruh Harta Spiritual".

Gelar kebesarannya adalah Sangqing Gaosheng Taishang Yuhuang Dadaojun (上清高聖太上玉皇大道君). Dalam Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) disebutkan bahwa, dia menempati posisi kedua ditingkat pertama, kedua setelah Yuanshi Tianzun, yang menempati posisi tengah di tingkat pertama.
Ia dijuluki Taishang Dadaojun (太上大道君) selama masa dinasti Tang. Pada masa dinasti Song, ia dijuluki Lingbao Tianzun (靈寳天尊) atau Lingbao Jun (靈寳君). Menurut naskah suci Dongzhen Dadong Jing (洞眞大洞經) yang tertulis dalam Yunji Qiqian (雲笈七籤)[1]:
"Inti dari Energi Vital/Qi dari Fajar Giok dan Awan Ungu dalam waktu dan keadaan yang sangat menguntungkan, amat cerah bagaikan giok dan mulia bagaikan emas, menyatu dengan Sukma Asal dan bersemayam dalam rahim seorang Ibu, dan kemudian mengejawantah menjadi seorang manusia."

Kisah dan Legenda Sunting

Asal Usul Sunting
Menurut naskah suci Lingbao Lueji (靈寳略記), Taishang Daodaojun bersemayam dalam rahim Hongshi dari negeri Nunayu di Barat, dan bermeditasi dalam Bilik Rahim Giok selama 3700 tahun. Kemudian ia dilahirkan disebelah bukit Danxuan di Gunung Fuluo, dia dinamakan Qidu atau Shangkaiyuan. Ketika dewasa, ia menyadari Tao (jalan) dan berikrar untuk mencapai pencerahan. Setelah duduk dibawah pohon Mulberry mati dan bermeditasi selama 100 hari, Yuanshi Tianzun turun menampakkan diri dan mengajarkan kepada dia sepuluh naskah suci suci Dharma Kendaraan Agung Lingbao.[1]

Membawahi dan Mengatur Para Abadi Tingkat Tinggi Sunting
Shangqing Gaosheng Taishang Yuhuang Dadaojun merupakan wakil dari Yuanshi Tianzun. Semenjak menerima naskah dan dharma suci, dia tinggal di Alam Surga Kemurnian Unggul (Shangqing jing; 上清境), posisi tertinggi kedua di antara 36 tingkatan surga. Sebagai penguasa istana Gerbang Surya Ruizhu (Ruizhu Rique; 蕊珠日闕), dia membawahi Bilik Ungu Qiying (Qiying Zifang; 七映紫房) yang dijaga oleh Jaka Emas dan Gadis Giok (Jintong Yunv; 金童玉女), masing-masing berjumlah 300.000. Ia dihormati segala roh suci seperti: Lima Penguasa memegang Jimat Kekuasaan, Para Abadi dari tingkatan tinggi mengadakan ritual pagi, dan para Kaisar Langit pemegang papan perintah.


Menyelamatkan Makhluk Hidup Sunting
Lingbao Tianzun membantu Kaisar Giok dalam menjelaskan naskah-naskah Tao kepada dewa-dewa yang berkedudukan lebih rendah dan kepada manusia. Ia selalu diasosiasikan dengan naskah Lingbao.

Menurut tulisan naskah suci Dongxuan Benxing Jing (洞玄本經), Lingbao Tianzun menyelamatkan umat dengan Dharma Pusaka Lingbao. Pada masa 9900 miliar kalpa sejak penciptaan awal sampai pada tahun pertama siklus Cahaya Merah (Hanzi:赤明元年;hanyu pinyin:Chiming Yuannian), umat yang dia seberangkan banyaknya seperti butiran pasir dan debu. Orang-orang yang memiliki keraguan dan berjodoh dengannya, Lingbao Tianzun akan memberikan ajaran dengan penuh kesabaran dan welas asih. Dia memiliki 36 perwujudan dan 72 perubahan, dan dapat mengabulkan dengan segera permohonan umat di banyak tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.