Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 4

 
Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 4
Ada banyak legenda tentang Jiang Taigong. Satu account mengatakan bahwa orang tuanya meninggal ketika ia masih kecil dan dia mengikuti bibinya untuk Zhaoge, ibukota Shang.
Pada usia dua belas ia mulai bekerja sebagai tukang daging karena keluarga bibinya membutuhkan bantuannya.
Tetapi ia gagal dalam pekerjaannya dan berjalan jauh dari Zhaoge, sampai ia bertemu dengan Raja Wen dan menemukan kesuksesan.
Salah satu legenda kata Jiang memancing selama tiga hari tiga malam tanpa menangkap apa-apa. Kemudian seseorang mengajarinya cara memancing. Mengikuti saran itu, Jiang akhirnya tertangkap ikan mas. Setelah membuka perut ikan itu, ia menemukan sebuah gulungan kain dengan karakter bertuliskan "Lu Wang (yaitu Jiang Taigong) akan diberikan daerah Qi sebagai perdikan Nya."
"Berdasarkan legenda lainnya, Raja Wen bermimpi Kaisar Surgawi memanggilnya "Chang (Raja Wen bernama Ji Chang), saya akan memberi Anda pejabat yang baik sebagai asisten yang namanya Wang ". Dia kemudian melihat Jiang taigong berada di samping Kaisar Surgawi. Di malam yang sama, Jiang Taigong juga bermimpi yang sama. Tak lama kemudian saat bertemu Jiang, Raja Wen bertanya, "Apakah Wang namamu?
"Ya," jawab Jiang sambil tersenyum. "Sepertinya aku telah melihatmu di suatu tempat," kata Raja Wen. Setelah Jiang mengatakan kepadanya tanggal yang tepat ketika dia bermimpi yang sama dengan Raja Wen, maka Raja Wen mengangkat Jiang dan menawarinya posisi penting.
Legenda ini adalah yang paling populer di antara semua. Jiang Taigong awalnya adalah seorang jenderal yang terkenal di masa Raja Wen dan seorang tokoh yang dihormati. Ia bahkan meyakini telah menjadi makhluk supranatural. Jadi siapa saja yang ingin mengusir roh jahat keluar dari rumahnya, maka dia akan menempelkan sebuah tulisan di dinding, dengan kalimat, "Jiang Taigong sini. Semua roh jahat menghindari."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.