Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 1


Asal Usul dan Kisah Jiang Ziya / Jiang Taigong 姜 太 公 bagian 1

Di kalangan rakyat Jiang Taigong 姜 太 公 merupakan salah satu dewata pujaan yang sangat populer, kelenteng taigongmiao atau wuchenwangmioa terdapat dimana-mana.
beliau adalah salah satu dewata pelindung dari malapetaka, dan banyak sekali makna dari hidupnya yang diambil sebagai pedoman hidup umatnya.

Di indonesia Jiang Taigong 姜 太 公 jarang dipuja sebagai pujaan utama, tetapi rupang atau patung2, dan lukisan beliau senantiasa banyak di buat didalam kelenteng, yaitu sebagai sosok orang tua yang sedang memancing ikan mas, hal ini berdasarkan dari legenda Jiang Taigong 姜 太 公 yang pernah memancing selama 3 hari 3 malam tidak dapat 1 ekor pun ikan.

Jiang Taigong adalah seorang karakter sejarah nyata yang bernama Jiang Shang (juga dikenal sebagai Jiang Ziya) yang pada abad ke-11 SM menjadi penasehat Raja Wen dan putranya Raja Wu, pendiri dinasti Zhou (1122-771 SM).
Jiang Taigong, aslinya adalah dari Donghai masa Dinasti Zhou, dia juga dikatakan sebagai keturunan Kaisar Yandi.
Salah satu leluhurnya pernah memegang posisi tinggi pada masa pemerintahan Kaisar Shun.
Belakangan, karena prestasinya dalam membantu Yu Agung untuk memanfaatkan sungai, ia dianugerahi sebagai pejabat tanah perdikan Lu (barat Kota hari ini Nanyang di Provinsi Henan) dan ditunjuk sebagai Marquis dari Lu.

Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.