Wen Chang Di Jun 文昌帝君





Wen Chang Di Jun 文昌帝君 (Bun Jiang Te Kun – Hokkian) adalah salah satu dari kelompok Bintang Utara. Ke-enam Bintang lain-nya yaitu Shang-jiang,Ci-jiang, Gui-xiang, Shi-sheng, Si-ming dan Si-lu adalah Dewa-dewa yang mempunyai tugas mengatur kepangkatan baik sipil maupun militer, Jasa maupun Pendidikan. Jabatan mereka di Istana Langit adalah Menteri Urusan Administrasi.



Di Kelenteng pemujaan untuk Kong Zi 孔子 (Konfusious), biasanya ditambah Altar untuk pemujaan terhadap Wen Chang Di Jun 文昌帝君 ini, sebab Wen Chang dianggap sebagai Pelindung Kaum Intelek.

Riwayat Wen Chang 文昌 bervariasi di beberapa tempat. Tapi garis besar-nya mengatakan bahwa Wen Chang Di Jun 文昌帝君 pemah lahir ke Dunia dengan nama Zhang Ya 張亞 , di Propinsi Zhe-jiang, pada zaman Dinasti Tang 唐朝. Dari Zhe-jiang ia kemudian pindah ke Propinsi Sichuan bagian timur, prefektur Zi-tong. Karena kepandaian-nya dalam hal sastra ia menjabat sebagai Ketua upacara pada Propinsi itu.

Kisah lain mengatakan bahwa ia adalah Zhang Ya Zi 張亞子 dari Zi-tong yang lahir pada zaman Dinasti Jin dan menjabat Menteri yang sangat mengutamakan Pendidikan. Tetapi ia gugur dalam peperangan. Ia diangkat oleh Yu Huang Da Di 玉皇大帝 sebagai

Dewa Pelindung Kaum Terpelajar

dengan sebutan

Zi Tong Di Jun 梓潼帝君

atau

Wen Chang Di Jun 文昌帝君

( Zi Tong Di Jun berarti Dewa dari Zi-tong ).


Sebuah kisah lain mengatakan bahwa Zi Tong Di Jun muncul membantu Jendral Lei Yu Zhong, pada zaman Dinasti Song, memadamkan pemberontakan yang dipimpin oleh Wang Jun di Cheng-du, Propinsi Sichuan.


Kota Chengdu sudah terkepung, tapi pasukan pemberontak tetap bertahan, tidak mau menyerah. Tiba – tiba muncul seorang yang menaiki tangga dan dan menyarankan pemberontak agar menyerah saja, agar bisa diampuni. “Zi Tong Di Jun mengutus aku untuk memberi tahu kalian. Menyerah saja-lah agar kalian dapat diselamatkan”, seru-nya.


Mendengar nama Zi Tong Di Jun 梓潼帝君, para pemberontak segera meletakkan senjata-nya dan menyerah. Jendral Lei Yu Zhong sangat berterima kasih kepada-nya. Ia lalu memerintahkan agar Kelenteng Zi Tong Di Jun diperbaiki dan diadakan sembahyangan besar. Di Kalangan Rakyat ada kepercayaan, bahwa Dewa Pendidikan Wen Chang 文昌 terdiri dari 5 Dewa, sedang Wen Chang Di Jun 文昌帝君 adalah yang Tertinggi.


Tentang Wen Chang yang lain akan dituturkan di bawah. Selain sebagai Dewa Pelindung Kaum Terpelajar, Wen Chang Di Jun juga dianggap sebagai Wen Cai Shen 文財神 seperti yang dituturkan di atas. Wen Chang Di Jun umum-nya selalu ditampilkan bersama Pembantu-nya.


Berdiri di depan sebelah kanan, ada Orang berwajah setan, badan-nya kecil, membawa pensil Tionghoa (pit) dan satu tangan-nya lagi membawa gantang atau alat penakar. Ia adalah

Kui Xing 魁君

(salah satu Wen Chang).

Di sebelah kiri berdiri seorang tua berjubah merah. Dialah

Zhu Yi 朱衣 ,

juga salah satu Wen Chang.


Di belakang kiri dan kanan berdiri dua Orang yang disebut

Tian Long 天聋 (Si tuli dari Langit)

dan

Di Ya 地啞 (Si bisu dari Bumi).

Kedua-nya adalah Pelayan dan Tukang kuda dari Wen Chang Di Jun. Mereka bisu dan tuli, sehingga tidak mungkin membocorkan rahasia Tuan-nya kalau Beliau akan memberkahi kepandaian dan kemampuan ber-sastra pada siapa yang berhak.


Wen Chang Di Jun 文昌帝君 sendiri duduk di tengah, berwajah putih, berjubah biru dan memegang ru-yi 如玉 atau tongkat kumala sebagai lambang Kebaikan.


Pemujaan Wen Chang Di Jun di Indonesia juga cukup populer, terbukti dengan banyak-nya pemujaan Wen Chang Di Jun di Kelenteng – kelenteng Jakarta dan Surabaya.


Di Taiwan Kelenteng khusus yang memuja Wen Chang rusak pada masa perang dan sampai sekarang belum diperbaiki. Tapi di Kelenteng – kelenteng lain banyak dipuja sebagai pelengkap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.