ZHANG TIAN SHI / THIO THIAN SU 張天師

Zhang Tian Shi / Thio Thian Su 張天師 (34-156) adalah pendiri agama Dao Jiao / To Kau 道教. Nama aslinya Zhang Dao Ling / Thio To Leng 張道陵, dia adalah keturunan ke-8 dari Zhang Liang / Thio Liang 張良, seorang ahli siasat perang pada awal dinasti Han 漢朝.Zhang Dao Ling lahir tahun 34 Masehi, pada masa pemerintahan Kaisar Guang Wu / Kong Bu 光武帝 dari dinasti Han, di Tianmu Shan / Thian Bok San 天目山, propinsi Zhejiang /Ciatkang 浙江. Dalam usia yang sangat muda, dia telah berhasil memahami Dao De Jing / To Tek Keng 道德經 dari Lao Zi / Lo Cu 老子. Ia menolak panggilan pihak penguasa untuk menjadi pegawai negeri, seluruh perhatiannya dicurahkan pada pelajaran kebatinan dan semedi. Kemudian ia tinggal di Pegunungan Heming Shan / Ho Beng San 和名山 di propinsi Sichuan / Suchuan 四川, Tiongkok Barat Daya, dan bertapa di sana sambil mempelajari cara membuat obat panjang umur.



Pada suatu hari, selagi ia membuat obat panjang umur Longhu Dan / Liong Hou Tan 龍虎丹, seorang malaikat menampakkan diri dan menyuruhnya pergi ke gunung Song Shan / Siong San 嵩山, di propinsi Henan / Holam 河南. Di sana, dalam sebuah gua batu, ditemukannya kitab-kitab kuno peninggalan Tiga Kaisar San Huang /Sam Hong 三皇 dan pedupaan peninggalan Kaisar Huang Di / Ui Te 黃帝. Setelah mempelajari isi kitab-kitab kuno itu, dia dapat terbang dan mempunyai pendengaran sampai ke tempat jauh, lebih dari itu dia juga dapat meninggalkan raganya (meraga sukma). Dia lalu menunaikan tugas yang diberikan oleh Penguasa Langit melalui seorang malaikat untuk menaklukkan para siluman dan malaikat yang membangkang.

Kemudian Tai Shang Lao Jun / Thai Siang Lo Kun 太上老君 menyuruhnya pergi ke Gunung Qingcheng Shan / Cheng Seng San 青城山 untuk menaklukkan 6 orang raja siluman yang kerap meneror rakyat dan ia dibekali dengan berbagai benda wasiat. Para siluman itu berhasil ditundukkan dan diusirnya, setelah minta ampun dan berjanji tidak akan mengganggu rakyat lagi. Karena jasa-jasanya itu ia digelari Tian Shi / Thian Su 天師 dan diangkat ke kahyangan. Di sana tugasnya mewakili Lao Jun / Lo Kun 老君 menerima para malaikat yang menghadap. Dia juga bertugas mengawasi upacara-upacara sembahyang yang dilakukan pada saat pendirian atau pemugaran kelenteng.

Zhang Tao Ling memang dianggap sebagai pendiri dari Dao Jiao / To Kau 道教 (agama Dao / To 道 yang berdasarkan filsafat Taoisme). Keahliannya membuat obat-obatan panjang umur yang diperolehnya dari buku-buku kuno, dan menciptakan berbagai jimat atau kias untuk menolak berbagai macam penyakit dan bala, telah menempatkan Zhang Dao Ling ke kedudukan tinggi sekali di mata para pengikutnya. Sejak itulah pengikut Taoisme mulai menjalankan praktik pengobatan dan pengusiran setan.

Gambar-gambarnya umumnya ditempelkan di dinding rumah atau pintu depan pada tanggal 15 bulan 5 imlek untuk menolak bencana dan wabah penyakit. Nama Tian Shi, yang berarti Guru dari Langit, yang kemudian melekat padanya, selanjutnya berlaku turun-menurun bagi keturunannya. Mereka menempati Gunung Longhu Shan / Liong Hou San 龍虎山 di propinsi Jiangxi / Kangsai 江西.

Hari shejitnya tanggal 23 bulan 6 imlek (Lakgue Ji Sha). *




Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao's photo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.