KISAH DAN ASAL USUL LONG NU ( Liong Li / Gadis naga )

Foto Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao. 
KISAH DAN ASAL USUL LONG NU ( Liong Li / Gadis naga )

Suatu hari pangeran naga laut timur merubah dirinya menjadi seekor ikan mas agar bisa bebas menikmati pemandangan, siapa tahu karena keasikan dy jadi lupa diri & ahirnya tertangakap oleh jaring nelayan. Untunglah kejadian itu tak lepas dari mata sakti dewi Kwan Im yg segera mengutus San Cai untuk membeli ikan emas itu & mengembalikannya ke laut timur.

Sekembalinya keistana naga sang pangeran langsung menceritakan pengalamannya pada ayahandanya. Raja nagapun bersyukur sekali atas kebaikan sang dewi sehingga dypun segera mengutus putri ke7 nya untuk mengantarkan mutiara naga (Dragon Ball) sebagai ucapan terimakasih kepada Dewi Guan Yin. Sesampainya di Po Tho San, putri naga terkesan sekali dg pembawaan dewi Kwan Im yg agung & welas asih sehingga memutuskan untuk menjadi pengikutnya

Versi cerita 8; dewa Suatu kali Han XiangZi (salah 1anggota 8 dewa) sedang memainkan sulingnya ditepi laut timur, tiba2 muncullah seekor belut emas yg menari2 mengikuti irama sulingnya.Melihat belut yg jinak itu, HXZ pun tertarik & mengajaknya bicara "hai belut, apakah kau berasal dri kerajaan naga?" Si belut mengangguk HXZ melanjutkan "kudengar puteri ke7 raja naga laut timur sangat cantik & aku sudah lama inginberkenalan dengannya, sayang sampai sekarang belum kesampaian..."

Mendengarnya tiba2 sibelut kelihatan malu & kemudian berubah kewujud aslinya yaitu putri ke 7 raja naga laut timur....Suasana menjadi sedikit canggung, namun akhirya cair juga & merekapun menjadi sepasang kekasih...
Sayang ayahanda sang putri rupanya tidak merestui hubungan mereka, apalagi setelah 8 dewa membuat keributan dilaut timur & membunuh 2 putra kesayangannya.
Karena stres dg cintanya yg tidak kesampaian, maka saat raja naga hendak mengirim mutiara untuk Dewi Guan Yin, sang putri ke 7 pun mengajukan diri & sesampainya disana dia memutuskan untuk mengiktui sang dewi agar lepas dari semua penderitaan duniawi.

Tentang Gadis Naga Long Nii, dikisahkan sebagai berikut ini. Dengan kekuatan gaibnya Miao Shan melihat bahwa putra ketiga Long Wang, Sang Raja Naga, sedang menjelma menjadi ikan tambera. Dalam perjalanan melaksanakan tugas ayahnya, tak terduga ikan itu terperangkap dalam jala nelayan,dan diangkat ke darat lalu dijual di pasar. Miao Shan lalu memerintahkan pelayannyayang setia, Shan Cai untuk membeli ikan itu, yang kemudian dibawa ke Pu Tuo Shan untuk dilepaskan ke laut bebas. Putra ketiga Sang Raja Naga sangat berterima kasih atas pertolongan Guan Yin. Sang Raja Naga dalam terima kasihnya kepada Miao Shan Guan Yin bermaksud menghadiahkan sebutir mutiara yang dapat bersinar diwaktu malam. 

Long Nii cucu perempuan Long Wang dari pangeran ketiga tersebut mohon ijin untuk menghantarkan hadiah kepada Miao Shan. Di hadapan Miao Shan, Long Nii minta diijinkan untuk belajar ajaran para orang - orang suci dibawah bimbingannya.
Setelah mengetahui kesungguhan hatinya, Miao Shan akhirnya menerima Long Nii sebagai murid. Shan Cai memanggilnya kakak. Mereka bersama-sama mendampingi Miao Shan. Sering juga Long Nii ini ditampilkan dalam bentuk naga yang sedang ditunggangi oleh Guan Yin.

Oleh Yu Huang Da Di, Shan Cai diberi gelar Jin Tong (Kim Tong - Hokkian) yang berarti "jejaka emas" dan Long Nii bergelar Yu Nii (Giok I i - Hokkoan) yang berarti "gadis kumala". *

1 komentar

  1. Terimakasih sharing informasi nya bditunggi cerita berikut nya

    BalasHapus

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.