*Apakah Imlek hari Buddhist ?*

Foto Cetya Tathagata Jakarta.
Satu lagi artikel ttg Imlek... *Apakah Imlek hari Buddhist ?*
Banyak org keturunan Tionghoa Buddhist setlh beralih memeluk agama lain tdk lg mau merayakan Imlek dgn mengatakan kalo mrk bukan lg Buddhist. Statement ini seolah olah mengimplikasikan bahwa Imlek adalah hari Buddhis?
Imlek sesungguhnya bukan hari Buddhis jadi setiap org keturunan Tionghoa apapun agamanya boleh merayakannya.
Buddhisme masuk ke daratan Tiongkok pd thn 65 M dibawa oleh dua org Bhiksu dr Asia Tengah yg bernama Bhiksu Kaisyapa Matangga dan Bhiksu Gobarana. Pada saat Buddhisme masuk ke daratan Tiongkok 1952 thn yg lalu, di daratan Tiongkok sdh ada dua ajaran yg dianut oleh warga setempat yaitu Taoisme dan Konfusianisme tapi Buddhisme tidak saling bersinggungngan dgn dua ajaran setempat malah diterima dgn tangan terbuka oleh masyarakat disana shg terjadilah sinkretisme ( percampuran tiga ajaran ) yg kita kenal sekarang sbg Sam Kaw ( tiga ajaran ).
Pd saat Buddhisme masuk ke daratan Tiongkok 1952 thn yg lalu, masyarakat Tiongkok sudah merayakan Imlek selama 2763 thn jadi thn ini adalah Imlek yg ke *4715*.Dr sejarah ini kita bisa menyimpulkan bahwa Imlek bukan hari Buddhist.
Imlek dirayakan pertama kali 4715 tahun yg lalu sejak dinasti awal di daratan Tiongkok yaitu dinasti *Xia*.
Imlek dirayakan untuk menyambut datangnya musim semi, saat itu masyarakat Tiongkok hidup dr bercocok tanam dan selama datangnya musim dingin mereka tidak bisa beraktifitas di ladang mereka selama beberapa bulan dan ketika musim semi tiba mereka menyambutnya dgn suka cita krn bisa kembali beraktifitas di ladang mereka. Datangnya musim semi ini mereka rayakan sbg Tahun Baru Imlek dan mrk mengucapkan *Sin Chun Kiong Hi* ( selamat dtg musim semi ).
Banyak org keturunan Tionghoa di Indonesia mengatakan Imlek thn ini adalah Imlek yg ke 2568. Imlek 2568 bukan lah Imlek yg dihitung sejak jaman dinasti *Sia*. Imlek 2568 adalah Imlek versi kaum Konfusianisme yg dihitung sejak tahun kelahiran Confusius / Nabi Kong Hu Cu
( Confusius lahir pd thn 551 SM ). Kaum Konfusianisme begitu berterima kasih kpd Confusius yg telah mengajarkan mereka *etika* dan *moralitas* shg tahun lahir beliau dianggap sbg Imlek pertama ( walau sesungguhnya masyarakat Tiongkok saat itu sudah merayakan Imlek selama 2147 thn ).
*Selamat Tahun Baru Imlek 4715*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.