POJOK TRADISI IMLEK, Bagian ke 5 dari 12 Artikel

Foto Kisah Para Dewa dan Ajaran Tao.
POJOK TRADISI IMLEK, Bagian ke 5 dari 12 Artikel

Pada malam pergantian tahun baru, biasanya diikuti oleh upacara penyambutan tahun baru. Namun sebenarnya pada tgl 29 bln 12 Imlek ini adalah hari kedua bintang besar yakni Dewa Bei Tou Xin Jing (Dewa Bintang Biduk Utara), dan Dewa Nan Tou Xin Jing (Dewa Gantang Selatan) turun kedunia untuk melakukan inspeksi ke alam Dhatu setelah sebelumnya oleh Kaisar Giok Tee.

Tugas mereka melakukan inspeksi dan melihat langsung perbuatan baik dan buruk baik pemimpin negara, pejabat, keluarga, dan semua makhluk manusia atas perbuatan baik dan buruknya sepanjang tahun yang sudah lewat, untuk menentukkan keberuntungan dan keapesan dari makhluk tersebut pada tahun yang akan datang.

Dewa Nan Tou menentukkan kehidupan, umur panjang, kesuburan, berkah dan rejeki, sedangkan Dewa Pei Tou menentukkan kematian, kemalangan, kecelakaan, penyakit / wabah, atau juga sering disebut bintang kematian.

Kedua dewa itu akan turun pada tgl 29 bln 12 Imlek, oleh karena itu selama sejak tanggal 24 bln 12 Imlek, konon masyarakat tionghoa rajiin-rajin membersihkan rupa, menyalankan lilin didepan rumah, berkumpul bersama keluarga untuk memohon berkah, keselamatan, kebahagiaan, memohon diberikan rejeki pada tahun sebelumnya.

Menurut tradisi banyak pantangan-pantangan pada hari terakhir Imlek ini seperti dilarang menggunting kuku, berbicara kasar, menyapu rumah / atau membuat keributan dan perbuatan yang tidak sepantasnya. Sering juga diikuti bervegetarian dan sembahyang ke vihara / kelenteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Mengky Mangarek, salah satu IT preneur, penggemar kisah para Buddha, Bodhisattva serta penulis buku dan komik Zen, juga pernah mengisi di beberapa radio talk, seminar dan penulis / admin dibeberapa blog seperti Kisah Para Dewa dan Cetya Tathagata yang telah memiliki lebih dari 20,000 pembaca setia.

tentang penulis

tentang penulis
Jacky Raharja adalah seorang entrepreneur kelahiran 10 February 1982 dan berdomisili di Jakarta. Mengawali karier profesional sebagai seorang Marketer pada sebuah Top Multinational Company yang bergerak di bidang FMCG pada tahun 2007. Mempunyai passion yang sangat tinggi dalam hal brand management & strategic dan meninggalkan dunia profesional pada tahun 2013 sebagai Brand Manager demi mengejar passion lainnya yaitu menjadi seorang Entrepreneur yang mempunyai jaringan bisnis sendiri. Bergabung dengan Cetya Tathagata Jakarta sebagai bagian dari committee sejak tahun 2005 dan sebagai salah satu kontributor atas artikel-artikel pada social media Cetya Tathagata Jakarta.

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.